Olahraga

Kuota Pemain Luar Negeri Kejuaraan 1 2024-2025 Akan Ditentukan setelahnya RUPS PSSI

Jakarta – Anggota Komite Eksekutif atau Exco PSSI Arya Sinulingga mengutarakan bahwa aturan pemain asing untuk setiap klub Kejuaraan 1 Tanah Air 2024-2025 akan ditentukan pasca rapat umum pemegang saham (RUPS) PSSI.

“Belum diputuskan. Ya kan RUPS dahulu, baru diputuskan semua itu,” kata Arya Sinulingga usai mengunjungi acara bertema “Ngobrolin Regulasi Baru Kompetisi Indonesia Baru” dalam GBK Arena, Jakarta, Selasa, 25 Juni 2024.

Dia tak mengumumkan kapan jadwal RUPS. Namun, ia mamastikan, usai RUPS sudah ada ada kebijakan mengenai jumlah agregat pemain asing yang dimaksud diizinkan bermain untuk setiap klub Kejuaraan 1.

Arya mengatakan, terlepas dari aturan kuota, penampilan pemain asing akan memacu kualitas para pemain lokal berubah jadi lebih besar baik kemudian naik kelas oleh sebab itu saling bersaing bermetamorfosis menjadi yang mana terbaik. “Mereka akan bersaing habis-habisan untuk tempat yang dibutuhkan.”

Ia menambahkan, kuota pemain asing juga berubah menjadi kesempatan bagi klub-klub untuk mengambil pemain asing berkualitas bagus. “Akan bodoh bagi klub mengambil pemain asing yang tersebut tiada berkualitas, sangat bodoh, ini kesempatan dia mencari yang digunakan berkualitas,” kata dia. “Makanya saya bilang kenapa ada kelas akselerasi, ada kelas khusus, supaya dia dapat masuk kelas itu, ini kompetitif.” 

Klub sepak bola ke Indonesia, kata Arya, juga harus menyiapkan Elite Pro Academy (EPA) yang bagus untuk jenjang usia 16 tahun, 18 tahun, guna menghasilkan kembali atlet yang tersebut sanggup bersaing dengan pemain asing.

“Klub-klub harus menyiapkan EPA sejak U-16, U-18 kencang betul, maka ketika U-20 masuk ke timnas bisa jadi lawan pemain asing, kalau enggak disiapkan, tak ada perbandingan, kapan beliau mampu tahu sudah ada bagus mainnya,” kata dia.

Liga 1 Negara Indonesia musim depan, 2024-2025, akan dimulai pada 9 Agustus mendatang. Pertarungan kompetisi sepak bola kasta tertinggi dalam Tanah Air ini akan dibuka dengan adu Persib Bandung menghadapi juara Turnamen 2, PSBS Biak.

Artikel ini disadur dari Kuota Pemain Asing Liga 1 2024-2025 Akan Ditentukan setelah RUPS PSSI

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button