Nasional

DPRD minta Satpol PP dan juga KPU DKI bersinergi ciptakan pilkada kondusif

Ibukota – Ketua Komisi A DPRD DKI Ibukota Mujiyono meminta-minta Satuan Polisi Pamong Praja sama-sama Komisi Pemilihan Umum DKI DKI Jakarta bersinergi mengamankan setiap kecamatan lalu kelurahan di DKI Jakarta demi menciptakan suasana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang digunakan kondusif.

 
“Nanti kita harapkan ke hari H (Pilkada), kolaborasi antara KPU DKI dengan Satpol PP akan memunculkan suasana Pemilihan Kepala Daerah yang tersebut kondusif,” ujar Mujiyono di Jakarta, Selasa.
 
Mujiyono kemudian menuturkan peran Satpol PP sangat diperlukan untuk berjaga dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS) demi mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala daerah 2024.
 
“Jadi, kaitannya dengan Pilkada, salah satu yang berubah menjadi konsentrasi adalah pengamanan pada TPS,” katanya
 
Dia berharap, pelaksanaan pemilihan kepala daerah dapat berjalan pada suasana kondusif sehingga tercipta keamanan, lancar, damai, lalu tertib hingga Pemilihan Kepala Daerah selesai.
 
Sementara itu, Kepala Satpol PP DKI DKI Jakarta Arifin menyatakan kesiapan menjalankan tugas pengamanan secara maksimal jelang Pemilihan Kepala Daerah 2024.
 
Menurut dia, pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) lalu Pemilihan Legislatif (Pileg) sebelumnya dapat bermetamorfosis menjadi referensi guna memperbaiki sesuatu yang masih kurang.
 
"Jadi harapannya pemilihan gubernur harus sangat lebih banyak baik pelaksanaannya,” tutur Arifin.
 
Ia juga menegaskan bahwa nantinya ada personel Satpol PP yang dimaksud berjaga pada semua wilayah jelang Pilkada, mulai dari tingkat kelurahan serta kecamatan hingga provinsi.
 
“Setiap anggota ke setiap wilayah sudah ada ada penugasan masing-masing,” katanya.

Sebelumnya, KPU DKI Ibukota Indonesia DKI melantik banyaknya 29.315 pemukim Petugas Pemutakhiran Informasi Pemilihan (Pantarlih) pada Mulai Pekan (24/6) serentak di 267 kelurahan. Pantarlih yang dimaksud tersebar di dalam 14.775 TPS se-DKI Jakarta.

Petugas Pantarlih ini akan bertugas mencocokkan serta meneliti (coklit) data pemilih banyaknya 8.315.669 pemilih sejak 24 Juni hingga 24 Juli 2024.

Pantarlih merupakan ujung tombak serta garda terdepan pada memutakhirkan data pemilih akibat kualitas Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pilkada mendatang bergantung pada kerja-kerja mereka.

 
 

Artikel ini disadur dari DPRD minta Satpol PP dan KPU DKI bersinergi ciptakan pilkada kondusif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button