Berita

Penghargaan Buku Anak Amerika 2024 Didominasi Cerita Disabilitas, Simak Manfaatnya

Baltimore –  Penghargaan tertinggi buku anak Amerika Serikat, Schneider Family Book Awards 2024 mengungguli banyak buku anak bertema disabilitas. Asosiasi Perpustakaan Amerika mengumumkan tiga pemenang juga enam penerima penghargaan Schneider Family Book Awards tahun ini.

“Pemenang Schneider Family Book Awards diberitahukan pada perjumpaan Asosiasi Perpustakaan Amerika minggu setelah itu pada Baltimore. Penulis serta ilustrator akan diberi penghargaan dengan plakat kemudian hadiah $5.000 pada upacara pada konferensi tahunan organisasi pada bulan Juni,” seperti yang digunakan diambil dari siaran pers yang dimuat di laman Disability Scoop, Selasa, 30 Januari 2024.

Tiga Pemenang Schneider Family Book Awards

Dalam kesempatan tersebut, Asosiasi Perpustakaan Amerika mengumumkan tiga pemenang kemudian enam penerima Schneider Family Book Awards. Penghargaan tahunan ini diberikan pada tiga kategori yang mana menyasar beraneka kelompok umur antara lain,usia 8 tahun, usia 9 hingga 12 tahun, serta usia remaja.

Adapun penilaian dikerjakan terhadap penulis atau ilustrator mengenai kemampuan mereka mengekspresikan secara  artistik pengalaman disabilitas untuk segmen pembaca anak. Pemenang untuk kategori anak usia dini adalah  buku berjudul Henry, Like Always, yang berkisah tentang kisah adaptasi manusia anak autis dengan pembaharuan rutinitas dalam sekolah. Sementara Buku Kehormatan pada kategori ini adalah Dancing Hands, buku bergambar tentang persahabatan kemudian bahasa isyarat, juga What Happened to You?, yang menceritakan tentang pengalaman manusia anak laki-laki miliki satu kaki.

Praktisi lalu peneliti neurologi anak, Peter Rosenbaum mengemukakan, buku anak dapat membantu penjabaran keadaan individual masing masing anak yang tersebut kadang tidaklah didapatkan individu dokter anak ke pada perkuliahannya, jurnal medis maupun di observasi pasien dalam rumah sakit. Buku anak, apalagi yang tersebut dituliskan oleh khalayak tua yang dimaksud mempunyai anak berkebutuhan khusus, dapat berubah menjadi sumber informasi tentang keperluan individual yang mana kerap tidak ada tersampaikan pada pemeriksaan kesehatan.

“Hal ini memungkinkan bagaimana cerita mempersonalisasikan apa yang tersebut ditemukan di buku teks, menambahkan cita rasa dan juga nuansa spesifik dari keadaan di dalam tempat,” tulis Peter Rosenbaum  di jurnal artikel  You Have Textbooks; We Have Story Books, Disability as Perceived by Professionals and Parents yang dimuat pada jurnal Developmental Medicine & Child Neurology pada 4 Mei 2020.

Buku Anak tentang Disabilitas Bercerita Soal Tantangan lalu Peluang

Selain itu, buku anak yang bercerita tentang kisah disabilitas sejumlah memuat informasi mengenai tantangan penting, kemudian prospek bagi sekolah juga pelatihan bertambah kembang anak yang disitir dengan segera dari pengamatan mendalam para khalayak tua.

“Buku anak yang dimaksud bercerita tentang kisah disabilitas juga dapat memberikan kesempatan bagi warga tua anak berkebutuhan khusus menceritakan kisah dia lalu menampilkan anak dia sebagai pribadi, bukanlah sekadar kasus,” kata Rosenbaum.

Artikel ini disadur dari Penghargaan Buku Anak Amerika 2024 Didominasi Cerita Disabilitas, Simak Manfaatnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button