Internasional

Retno Marsudi Hadir di Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN, Ini adalah Agenda Pembahasannya

Jakarta – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan hadir pada rangkaian Pertemuan ke-57 Derajat Menteri ASEAN (ASEAN Foreign Ministers’ Meeting/AMM) serta 19 pertandingan lainnya yang dimaksud akan dilaksanakan pada 21 hingga 28 Juli 2024 pada Vientiane, Laos. Rencananya di reuni AMM Plenary, Retno akan menyokong keberlanjutan rencana prioritas keketuaan Nusantara ke ASEAN, seperti maritim kemudian perekonomian biru.

Sedangkan dalam reuni AMM Retreat dan Troika, Retno akan menekankan pentingnya kesinambungan upaya ASEAN di implementasi Five-Points Consensus (5PC) juga strategi penyaluran bantuan kemanusiaan ASEAN yang mana tambahan komprehensif. Dalam pertandingan dengan 11 Mitra ASEAN (PMC), Negara Indonesia akan menyuarakan dorongan agar major powers mendukung ASEAN memulai pembangunan stabilitas kemudian keamanan kawasan, utamanya melalui institusi ASEAN seperti Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia (TAC) dan Bali Principle. Selain itu, Mitra juga wajib memulai pembangunan hubungan yang mana setara dengan ASEAN dan juga menguatkan kerja identik isu-isu terkini seperti artificial intelligence dan digital economy.

Sebagai country coordinator hubungan ASEAN-AS, Menlu Retno akan menjadi pemimpin reuni PMC ASEAN-AS dengan Menteri Luar Negeri AS. Di pertandingan APT dan juga EAS, Indonesi akan menegaskan prinsip saling menghormati untuk menunjang arsitektur keamanan regional. Secara khusus di pertandingan ARF, Indonesi akan menyoroti pentingnya revitalisasi forum ini yang tersebut sudah ada lebih banyak dari 30 tahun berdiri.

Selain itu, di dalam sela-sela rangkaian Pertemuan, Retno juga akan melakukan beberapa orang pertandingan bilateral dengan para Menlu baik sesama Negara Anggota ASEAN maupun Negara Mitra ASEAN atau negara lain yang digunakan diundang. Pertemuan diharapkan menciptakan banyak kesepakatan diantaranya adopsi Joint Communique AMM ke-57 kemudian 4 (empat) Chairman Statements yaitu untuk AMM dan juga PMC, ARF, APT, serta EAS

Pilihan editor: Kata Kader NU Zainul Maarif Setelah Dipecat Gara-gara Melakukan Pertemuan Presiden Israel

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini

Artikel ini disadur dari Retno Marsudi Hadir di Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN, Ini Agenda Pembahasannya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button