Internasional

Sehari pasca Penembakan, Donald Trump Sudah Kampanye ke Milwaukee

Jakarta – Calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik Donald Trump tiba di dalam Milwaukee pada Minggu, 14 Juli 2024. Jika tak ada aral melintang, Trump akan secara resmi mendaftarkan pencalonannya di pilpres Negeri Paman Sam 2024 pada pekan ini. Trump selamat dari upaya pembunuhan terhadapnya, di dalam mana kondisi ini telah lama memperburuk perpecahan urusan politik pada Amerika Serikat.  

Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah lama memerintahkan agar diwujudkan investigasi bagaimana pelaku, 20 tahun, yang digunakan menghadirkan senapan AR-15 bisa saja sampai sedekat itu untuk menembak Trump. Pelaku diketahui menembak Trump dari sebuah atap pada Sabtu, 13 Juli 2024. Sebagai mantan presiden, Trump mendapat pengamanan dari U.S. Secret Service.  
  
Trump, 78 tahun, sedang berkampanye pada Butler, Pennsylvania pada waktu penembakan terjadi. Peluru itu merobek bagian kanan telinga Trump hingga menciptakan wajahnya terciprat darah. Tim kampanye Trump mengungkapkan mantan presiden Amerika Serikat itu di keadaan sehat. Namun satu simpatisan pada kampanye itu meninggal serta dua pemukim luka-luka. Pelaku penembakan tewas tertembak.        

Pipres Amerika Serikat 2024 akan direalisasikan pada 5 November 2024. Biden di pidatonya dari ruang oval Gedung Putih yang disiarkan televisi pada Minggu, 14 Juli 2024, mengajukan permohonan warga Amerika Serikat agar terus tenang.  

“Tidak ada tempat di dalam Amerika Serikat bagi kejahatan semacam ini, kejahatan apapun. Titik. Tidak ada pengecualian. Kami tak bisa jadi menormalisasi kejahatan ini. Retorika urusan politik di dalam negara ini telah lama memanas. Ini adalah saatnya untuk mendinginkan suasana,” kata Biden.  

Trump serta Biden adalah pesaing pada pilpres Amerika Serikat 2024. Kejadian upaya penembakan pada Trump telah dilakukan mengesampingkan isu apakah Biden, 81 tahun, harus melegakan kesempatan maju lagi di pilpres Amerika Serikat buntut dari buruknya kinerja Biden pada debat capres 27 Juni 2024.      

Trump dijadwalkan menerima pencalonan secara resmi di Konvensi Nasional Partai Republik yang dimaksud akan dijalankan ke Milwaukee, Wisconsin, Senin, 15 Juli 2024 waktu setempat. FBI mengungkapkan belum diketahui adanya ancaman terhadap acara itu atau siapa cuma yang akan hadir. Sedangkan Secret Service mengungkapkan dia tidaklah mengantisipasi adanya inovasi pada rencana keamanan.     

Sumber: Reuters

Pilihan editor: Daftar Presiden Amerika Serikat yang mana Ditembak Selain Donald Trump: Lincoln hingga JFK

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di dalam Google News, klik di sini

Artikel ini disadur dari Sehari setelah Penembakan, Donald Trump Sudah Kampanye di Milwaukee

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button