Internasional

Tanah Air Tingkatkan Kontribusi ke UNRWA

Jakarta – Indonesia berazam melanjutkan dukungan pada kerja UNRWA (United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East). Pendukung pledge baru terhadap UNWRA yang dimaksud sebagai peningkatan sumbangan sukarela reguler sebesar US$1,2 jt (Rp19 miliar) per tahun mulai 2024 lalu hibah sebesar US$2 jt (Rp32 miliar). Bantuan ini untuk membantu memenuhi permintaan di UNRWA Flash Appeal April-Desember 2024.

UNRWA adalah Badan PBB yang dimaksud memainkan peranan penting di memberikan bantuan kemanusiaan bagi 5.9 jt Pengungsi Palestina ke 5 area, yakni Yordania, Lebanon, Suriah, Jalur Gaza, dan juga Tepi Barat, salah satunya Yerusalem Timur.
  
Wakil Tetap RI untuk PBB dalam New York, Duta Besar Arrmanatha Nasir di UNRWA Pledging Conference di Markas PBB di New York pada Sabtu, 12 Juli 2024, mengemukakan Nusantara juga menyampaikan komitmen untuk mengupayakan pendanaan inovatif bagi UNRWA, diantaranya pelibatan masyarakat Indonesia melalui penjajakan kemitraan dengan lembaga pengelola zakat.

Pledging Conference diselenggarakan untuk menjaring partisipasi keuangan tambahan untuk menyokong peran UNRWA pada menjalankan mandatnya, memberikan pelayanan lalu pelindungan, terhadap pengungsi Palestina.Pertemuan dibuka oleh Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres, serta Presiden ke-78 Sidang Majelis Umum PBB, Dennis Francis, yang dimaksud menyoroti situasi kemanusiaan di dalam Kawasan Gaza serta menekankan perlunya gencatan senjata segera, dan juga penghormatan terhadap hukum internasional. Keduanya menegaskan peranan penting UNRWA pada penyelesaian konflik melalui two-state solution juga melindungi stabilitas kawasan.

Commissioner General (CG) UNRWA, Philippe Lazzarini, menjelaskan UNRWA menghadapi berbagai tantangan operasional. Bukan hanya saja itu, lembaga ini juga memohon dukungan politis terhadap kelangsungan kerja UNRWA.

Sebanyak 62 negara menyampaikan pernyataan nasional di pertemuan. Hal-hal utama yang digunakan diangkat bervariasi negara di reuni tersebut, diantaranya pengakuan lalu dukungan terhadap peran UNRWA di penanganan pengungsi Palestina juga keamanan dalam kawasan, seruan gencatan senjata dalam Wilayah Gaza juga deeskalasi konflik agar tiada melebar ke kawasan lain, juga tekanan agar negara Israel berikan akses terhadap UNRWA di dalam seluruh wilayah Gaza.
 

Pilihan editor: Update Korban Perang Gaza: 23 Korban Tewas di Serangan Israel

Ikuti berita terkini dari Tempo.co pada Google News, klik di sini

Artikel ini disadur dari Indonesia Tingkatkan Kontribusi ke UNRWA

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button