Internasional

Daftar Presiden Amerika Serikat yang mana Ditembak Selain Donald Trump: Lincoln hingga JFK

JakartaPenembakan terhadap Donald Trump, bekas presiden Amerika Serikat yang maju lagi di pemilihan umum mendatang, bukanlah kejadian langka di dalam negara tersebut. Ada sejarah berdarah mengenai percobaan pembunuhan presiden Amerika Serikat sejak negara ini berdiri. Sebanyak empat presiden Amerika Serikat tewas terbunuh serta yang dimaksud lain berubah menjadi sasaran walaupun lolos dari maut. 

Donald Trump selamat dengan luka tembak di telinganya pada waktu ia berpidato di sebuah rapat umum kampanye di dalam Pennsylvania pada hari Sabtu, 13 Juli 2024. Pelaku penembakan adalah remaja pria berusia 20 tahun yang diidentifikasi sebagai anggota Partai Republik. 

Berikut daftar presiden Amerika Serikat maupun calon kandidat presiden yang dimaksud tewas maupun selamat dari terjangan peluru:

1. Andrew Jackson

Andrew Jackson adalah presiden Amerika pertama yang digunakan mengalami percobaan pembunuhan pada 30 Januari 1835. Presiden ketujuh Amerika Serikat sedang meninggalkan binaan Capitol dalam Washington DC sewaktu ia dihadang oleh manusia pria yang mana mengarahkan pistol ke arahnya – yang mana meleset.

Menurut laporan, Jackson berhadapan dengan pria bersenjata. Pelaku mengeluarkan pistol kedua dan juga kembali gagal menembak. Jackson selamat serta pelakunya ditahan oleh sang ajudan.

2. Abraham Lincoln

Salah satu momen penting di sejarah urusan politik Amerika adalah pembunuhan Abraham Lincoln pada 14 April 1865. Dia adalah presiden Amerika pertama yang dimaksud dibunuh setelahnya ditembak di kepala oleh John Wilkes Booth.

Lincoln dibawa ke sebuah rumah ke seberang jalan dari teater untuk mendapatkan perawatan medis. Ia meninggal keesokan paginya pada usia 56 tahun.

Dukungannya terhadap hak-hak epidermis hitam disebut-sebut sebagai motif pada balik pembunuhan tersebut. Dua tahun sebelum penembakan, Presiden Lincoln telah terjadi mengeluarkan Proklamasi Emansipasi yang memberikan kebebasan untuk para budak di pada Konfederasi.

Booth ditembak serta dibunuh pada tanggal 26 April 1865, setelahnya ia ditemukan bersembunyi dalam sebuah gudang dekat Bowling Green, Virginia.

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • Selanjutnya

Artikel ini disadur dari Daftar Presiden AS yang Ditembak Selain Donald Trump: Lincoln hingga JFK

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button