Nasional

Ketua Komisi Infrastruktur DPR Bilang Pemindahan IKN Harus Realistis

Jakarta – Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mengaku setuju dengan Presiden Joko Widodo alias Jokowi perihal pemindahan ibu kota ke IKN Nusantara. Menurut Lasarus, beliau setuju dengan Kepala Negara yang mana menyampaikan bahwa tahapan pemindahan yang disebutkan harus diwujudkan dengan realistis serta tak terburu-buru.

“Harus realistis. Saya setuju apa yang dimaksud presiden sampaikan, ya begitulah memang sebenarnya seharusnya,” kata Lasarus melalui pernyataan video yang disitir pada Sabtu, 13 Juli 2024. Pimpinan komisi yang tersebut membidangi infrastuktur itu menyampaikan, pemindahan ibu kota harus menyesuaikan dengan keuangan negara dan juga persiapan di lapangan.

Sebab, ia mengatakan, rute pemindahan penduduk untuk mengisi kota baru yang disebutkan tidak ada bisa saja direalisasikan dengan tergesa-gesa. Lasarus menyatakan memulai pembangunan sebuah kedudukan dari nol adalah seperti mendirikan peradaban.

Lasarus berujar konstruksi IKN tiada cukup hanya saja mendirikan bangunan. “Terus lingkungan sosialnya bagaimana? Kan kita mau ditaruh di sana kan orang,” ucap dia.

Karena itu, Lasarus menyatakan setuju dengan Jokowi bahwa pemindahan ke IKN bukan bisa jadi dipaksakan. Menurut dia, keadaan akan datang justru semakin buruk jikalau langkah-langkah yang dimaksud dipaksakan oleh pemerintah. “Enggak dapat pakai rumus harus buru-buru, gitu lho,” kata Lasarus.

Selain itu, Lasarus menyimpulkan seharusnya pemerintah tidaklah usah terlalu mengharapkan pembangunan ekonomi asing untuk pengerjaan IKN Nusantara. “Sudahlah kita mengalir belaka sesuai kemampuan kita. Termasuk persoalan mengharapkan pembangunan ekonomi dari luar segala macam. Sudah kita mengandalkan kekuatan sendiri saja, ini ibu kota negara kita kok,” ujar dia.

Presiden Jokowi mengutarakan belum ada rencana untuk memindahkan kantor presiden ke IKN Nusantara ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur di waktu dekat. Alasan utamanya adalah infrastruktur pada sana masih belum siap.

“Airnya sudah ada siap, belum? Listriknya sudah ada siap, belum?  Tempatnya telah siap belum? Kalau siap, pindah,” kata Jokowi di dalam Lanud Halim Perdanakusuma, Ibukota Indonesia pada Senin, 8 Juli 2024.

Sebelumnya, Jokowi merencanakan untuk memindahkan kantor presiden ke IKN pada Juli 2024, bersamaan dengan selesainya perkembangan tahap pertama gedung-gedung pemerintah. otoritas juga merencanakan untuk mengadakan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus tahun ini di dalam IKN.

Artikel ini disadur dari Ketua Komisi Infrastruktur DPR Bilang Pemindahan IKN Harus Realistis

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button