Nasional

Apkasi Otonomi Expo, Stan Daerah Trenggalek Raih Penghargaan Inspiratif

INFO NASIONAL – Stan atau booth Wilayah Trenggalek meraih penghargaan untuk Stan Terbaik Apkasi Otonomi Expo 2024 Kategori Inspiratif. Penghargaan diberikan pada waktu seremoni penutupan pelaksanaan Apkasi Otonomi Expo (AOE) kemudian Apkasi Procurement Network 2024, di DKI Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, pada Jumat, 12 Juli 2024. 

Kepala Dinas Kominfo Trenggalek, Edif Hayunan Siswanto, mengatakan, di Apkasi Otonomi Expo ini pihaknya memamerkan potensi-potensi yang yang mana sedang dikembakan juga telah mengalami perkembangan ke Kota Trenggalek. Karena itu, pada latar stan pihaknya mereplika destinasi wisata Agroforestri Tebing Kepuh.

Tebing Kepuh ini terletak dalam Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari, Wilayah Trenggalek. “Ini destinasi wisata baru, yakni dari bekas tambang batu yang dimaksud berubah jadi tebing,” kata Edif, Jumat, 12 Juli 2024.

Di stan itu, pihaknya juga menjajakan kopi Trenggalek dari peninggalan belanda serta batik Trenggalek yang tersebut pada waktu ini sedang menonjol dikarenakan pewarnaannya murni dari alam. “Pewarnaannya itu menghnaka tumbuh-tumbuhan yang tersebut ada di Trenggalek,” ujarnya.

Selain itu, ada hasil hasil dunia usaha kreatif yakni kerajinan tangan dari bambu, seperti tumbler. “Juga ada bervariasi macam kerajinan yang lain, seperti peralatan rumah tangga dari kayu,” ucap Edif.

Kepala Dinas Kominfo Trenggalek, Edif Hayunan Siswanto, memegang hadiah Juara 1 Lomba Video Kreatif serta penghargaan Stan Terbaik Kategori Inspiratif pada Apkasi Otonomi Expo 2024, Jumat, 12 Juli 2024. Dok.Pemkab Trenggalek

Edif menjelaskan, Apkasi Otonomi Ekspo ini pada rangka memberikan informasi terhadap warga nusantara terkait dengan kemungkinan yang tersebut ada dalam daerah. Jadi stan kami buat seperti ini harapannya para pengunjung stan kami ke Trenggalek ini nantinya bisa jadi mengetahui, kemudian tertarik lalu kemudian datang ke Trenggalek untuk berkunjung,” ujarnya.

Edif menegaskan, ketika merekan datang ke Trenggalek otomatis perekonomian akan bergerak. Sebab, mereka itu datang untuk berwisata membeli kuliner juga kerajinannya. “Harapan kami juga dengan Apkasi Otonomi Expo ini sanggup meningkatkan daya tarik wisata, meningkatkan kegiatan ekonomi warga dan juga Trenggalek mampu semakin dikenal pada tanah air ini,” kata Edif.

Trenggalek juga berhasil meraih juara 1 lomba video kreatif yang tersebut dilakukan oleh Apkasi. Edif menerima hadiah juara 1 yang dimaksud mewakili Pimpinan Daerah Trenggalek Mochammad Nur Arifin yang digunakan berhalangan hadir. (*)

Artikel ini disadur dari Apkasi Otonomi Expo, Stan Kabupaten Trenggalek Raih Penghargaan Inspiratif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button