Internasional

Mantan PM Malaysia, Mahathir Mohammad, berulang tahun ke-99

DKI Jakarta – Dr. Mahathir Mohammad, yang dimaksud dua kali menduduki jabatan sebagai perdana menteri Malaysia, berulang tahun ke-99 pada Rabu.

Mahathir Mohammad lahir pada 10 Juli 1925 ke Alor Setar, Malaysia.

Saat berubah jadi siswa kedokteran, Mahathir bergerak sebagai penulis di The Strait Times dengan nama samaran “C.H.E. Det” juga menuliskan sebuah jurnal siswa ke mana ia kerap mengedepankan hak-hak warga Malaysia, khususnya Melayu.

Pria yang digunakan berpraktik sebagai dokter umum dalam Alor Setar itu bergabung dengan Organisasi Kebangsaan Tanah Melayu Bersatu (United Negara Malaysia National Organization/UMNO) juga mendaftarkan diri sebagai kader partai tersebut.

Mahathir dilantik sebagai perdana menteri Malaya untuk pertama kalinya pada 16 Juli 1981, pada usia 56 tahun, kemudian menduduki jabatan yang dimaksud hingga 2003.

Pria yang dimaksud mendapat julukan sebagai "Soekarno Kecil" itu kembali menjabat sebagai perdana menteri Negara Malaysia pada 2018, setelahnya mengalahkan Najib Razak di pemilu, yang dimaksud menjadikan Mahathir sebagai pemimpin tertua pada dunia.

Pada 24 Februari 2020, Mahathir kembali mengundurkan diri sebagai perdana menteri Negara Malaysia menyusul krisis kebijakan pemerintah yang dimaksud berlangsung dalam Malaysia.

Menurut akun resmi Dr. Mahathir Mohammad @chedetofficial dalam platform digital X, Rabu, Mahathir berpartisipasi pada acara diskusi dengan perkumpulan pemimpin komunitas Muslim juga para pelaku bisnis Muslim dari seluruh Inggris pada London pada Selasa (9/7).

Acara diskusi yang digunakan diadakan oleh pendiri Islam Channel, Mohamed Ali Harrath, itu mendiskusikan beragam persoalan seperti perpecahan umat, peperangan dalam Wilayah Gaza serta persoalan urusan politik regional.

Artikel ini disadur dari Mantan PM Malaysia, Mahathir Mohammad, berulang tahun ke-99

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button