Lifestyle

Dikenal Sebagai Politisi serta Digadang-gadang Jadi Guru Besar, Bamsoet Juga Hobi Moge kemudian Mobil Sport

Jakarta – Bambang Soesatyo, yang tersebut akrab disapa Bamsoet, adalah tokoh yang dimaksud tersohor dengan kiprahnya di bumi politik. Ia juga dikenal sebagai akademisi serta digadang-gadang untuk menjadi guru besar pada Universitas Borobudur. Di luar kegiatan kebijakan pemerintah bersatu Golkar, dinas sebagai ketua MPR, dan juga kegiatan akademik, Bamsoet juga dikenal sebagai penggemar otomotif. Ketertarikannya pada bola otomotif tidaklah belaka sekadar hobi, tetapi juga mencakup partisipasi berpartisipasi di beraneka organisasi juga kegiatan otomotif ke Indonesia.

Bamsoet adalah salah satu pejabat yang tersebut mengomentari pembubaran klub Moge dalam Kementerian Keuangan pada 2023. Meski mengumumkan pembubaran itu adalah kewenangan internal Kementerian Keuangan, ketika itu Bamsoet mengkaji sah-sah belaka seseorang menggeluti hobi moge selama barang itu diperoleh dengan uang sendiri.

Menurut Bamsoet, bukan seharusnya hobi moge dihambat, apabila itu adalah dari hasil usaha sendiri. “Jadi silakan yang punya hobi jangan terhambat, yang digunakan penting dari hasil usaha sendiri,” kata Bamsoet disitir dari Antara, 23 Februari 2023. Bamsoet mengkaji seseorang menggeluti hobi dikarenakan ingin memproduksi hidup berjalan seimbang.

Kecintaan Bamsoet pada otomotif juga tercermin dari koleksi kendaraan mewah di garasinya. Tak cuma moge, Bamsoet dikenal sebagai kolektor mobil sport. Koleksinya mencakup berubah-ubah merek ternama dunia, seperti Ferrari, Lamborghini, Harley-Davidson, juga berbagai lagi. Ia banyak menunjukkan koleksi kendaraannya dalam berubah-ubah acara otomotif serta melalui media sosial.

Selain sebagai kolektor, Bamsoet juga bergerak mengendarai kendaraan-kendaraannya pada beraneka kesempatan. Ia kerap mengikuti touring sama-sama komunitas motor besar juga mengunjungi pameran mobil klasik dan juga mobil sport.

Dilansir dari laman resmi DPR RI, salah satu peran utama Bamsoet ke planet otomotif adalah sebagai Ketua Ikatan Motor Negara Indonesia (IMI). Organisasi yang disebutkan menaungi berubah-ubah kegiatan olahraga otomotif dalam Indonesia, mulai dari balap mobil, motor, hingga kegiatan otomotif lainnya. Ia  terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Ikatan Motor Indonesi (IMI) untuk periode 2021-2024 pada Musyawarah Nasional yang mana diadakan ke Makassar pada 20 Desember 2020. Ia menggantikan Sadikin Aksa, yang mana sebelumnya menjabat sebagai Ketua IMI selama satu periode.

Selain itu, Bambang Soesatyo mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan Tanah Air Automotive Friendship Golf Gathering 2024, Memperebutkan Piala Bergilir Ketua Umum IMI. Diselenggarakan IMI dengan Negara Indonesia Automotive Golf Community (IAGC). Diikuti para golfer anggota IMI, mitra bidang usaha IMI, lembaga pemerintah, BUMN, swasta, sponsor, partisipan, dan juga warga umum.

“Melalui event ini, IMI berhasil memecahkan rekor MURI pada kategori Pameran Otomotif Terbanyak pada Turnamen Golf, dengan menghadirkan 59 merk lalu jenis kendaraan. Antara lain Cadillac 1964, Armstrong Siddeley, serta Bentley S3 Continental. Melalui event ini, IMI kemudian PT Maju Global Motor sebagai dealer resmi mobil Wuling pada Tanah Air juga sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman agar pemilik KTA IMI mampu mendapatkan diskon khusus pada setiap pembelian Wuling pada dealer Maju Global Motor,” ujar Bamsoet usai mengunjungi Nusantara Automotive Friendship Golf Gathering 2024, dalam Damai Indah Golf PIK Course, Minggu, 23 Juni 2024.

Tidak semata-mata itu, Bambang Soesatyo juga mengungkapkan nilai perdagangan jasa bengkel dan juga komponen otomotif di dalam Tanah Air diproyeksikan mencapai Simbol Rupiah 325,51 triliun per tahun. Mengingat hingga ketika ini terdapat sekitar 400.000 unit bisnis toko dan juga bengkel dengan 95 persennya merupakan UMKM.

Besarnya perputaran uang pada sektor toko lalu jasa perbengkelan tiada lepas oleh sebab itu besarnya total kendaraan yang mana beroperasi ke jalan raya Indonesia. Fakta Korlantas Polri pada Februari 2024 mencatat populasi berubah-ubah jenis kendaraan bermotor dalam semua wilayah Negara Indonesia telah mencapai 160.652.675 unit. Antara lain terdiri dari mobil pribadi sejumlah 19.906.353 unit, juga sepeda gowes motor mencapai 134.181.607 unit.

“Biaya servis mobil rata-rata minimal Mata Uang Rupiah 10 jt pertahun, dengan peluang kegiatan jasa dan juga sparepart diprediksi mencapai Mata Uang Rupiah 104,25 triliun. Sedangkan untuk motor minimal Simbol Rupiah 2 juta, dengan prospek kegiatan jasa lalu toko sparepart mencapai Mata Uang Rupiah 112,77 triliun,” ujar Bamsoet pada perayaan HUT ke-2 On3 Motoshop, acara otomotif di Tangerang Selatan, Minggu, 26 Mei 2024.

MYESHA FATINA RACHMAN | AHMAD FAIZ IBNU | TIM TEMPO

Artikel ini disadur dari Dikenal Sebagai Politisi dan Digadang-gadang Jadi Guru Besar, Bamsoet Juga Hobi Moge dan Mobil Sport

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button