Berita

Anggota DPR Kritik Nama Proyek Sipepek dkk: Segera Ubah!

Jakarta

Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PKS, Mardani Ali Sera, mengoreksi beberapa jumlah nama kegiatan pemerintah oleh sebab itu memakai akronim nyeleneh dan juga berbau seksualitas. Dia menyampaikan nama-nama acara nyeleneh itu merendahkan etika.

“Pertama ini menyedihkan. Mestinya semua punya standar membesar jaga etika. Penyebutan kemungkinan besar untuk memudahkan. Tapi tak dapat ditolelir oleh sebab itu merendahkan etika,” kata Mardani terhadap wartawan, Mingguan (7/7/2024).

Mardani memohonkan nama inisiatif seperti Sipepek dkk itu harus segera diganti. Dia meminta masyarakat melaporkan program-program yang mana menggunakan penamaan yang digunakan nyeleneh lalu berbau seksualitas.

“Kedua, segera diubah juga disesuaikan dengan kaidah ilmiah. Ketiga, ayo kita laporkan kalau masih ada singkatan yang mana buruk seperti ini,” ucapnya.

Viral Nama Rencana Nyeleneh

Sebelumnya, diberitakan bahwa sebagian progam memakai akronim nyeleneh. Beberapa ke antaranya adalah acara yang digunakan diinisiasi oleh pemerintahan daerah. Namun, ada juga nama inisiatif dari kementerian.

ADVERTISEMENT

Sebagai contoh, seperti dilihat detikcom, Mingguan (7/7/2024), ada kegiatan SiPEPEk dari Wilayah Cirebon. SiPEPEK merupakan akronim Sistem Data Administrasi Pemerlu Pelayanan Kemakmuran Sosial.

Tak hanya saja itu di dalam Cirebon, ada pula nama-nama acara lain yang mana juga nyeleneh. Ada nama kegiatan SISKA KU INTIP yang tersebut pernah diresmikan pemda di dalam tahun 2023. Nama inisiatif itu adalah kependekan dari Sistem Integrasi Kelapa Sawit Sapi Berbasis Kemitraan Usaha Inti-Plasma buatan Pemprov Kalimantan Selatan.

Dicek pada Hari Minggu (7/7/2024), informasi mengenai acara atau program yang disebutkan masih ada di platform resmi tiap tempat serta kementerian. Berikut ini daftarnya:

1. SiPEPEK

Sistem Berita Administrasi Pemerlu Pelayanan Keseimbangan Sosial (SiPEPEK) merupakan kegiatan yang mana dirilis oleh Kota Cirebon. SiPEPEK merupakan sistem pelayanan inisiatif penanggulangan kemiskinan juga jaminan kesehatan. Inisiatif ini merupakan program berbasis web di dalam portal Kota Cirebon.

Dilihat detikcom, Akhir Pekan (7/7/2024) dalam laman web Diskominfo Cirebon, SiPEPEK diambil dari bahasa wilayah Cirebon. Di mana ‘pepek’ pada bahasa Cirebon berarti lengkap atau semuanya ada.

2. SITHOLE

Sistem Data Konsultasi Online (SITHOLE) merupakan inisiatif berbasis web. Berdasarkan informasi yang digunakan dilihat detikcom, Akhir Pekan (7/7) pada laman resmi Pengadilan Negeri Semarang, SITHOLE merupakan salah satu sistem manajemen pengelolaan layanan Posbakum Pengadilan Negeri Semarang.

3. SISKA KU INTIP

Sistem Integrasi Kelapa Sawit Sapi Berbasis Kemitraan Usaha Inti-Plasma (SISKA KU INTIP) merupakan inisiatif yang mana diperkenalkan oleh Provinsi Kalimantan Selatan. Proyek ini berfungsi untuk meningkatkan populasi ternak sapi potong, meningkatkan pendapatan pekebun dan juga peternak, hingga pelestarian lingkungan.

Dikutip dari laman Bappeda Provinsi Kalsel, Akhir Pekan (7/7), acara ini merupakan kegiatan superprioritas Pengelola Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor pada tahun 2023.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

Saksikan Live DetikPagi:

4. SIMONTOK

Sistem monitoring stok juga keinginan pangan pokok (SIMONTOK) merupakan acara yang tersebut dirilis Daerah Perkotaan Surakarta. Proyek berbentuk perangkat lunak ini berfungsi untuk monitoring stok lalu permintaan pangan wilayah Surakarta.

Dilihat detikcom, Hari Minggu (7/7), inisiatif ini merupakan kegiatan berbasis web yang digunakan sanggup diakses melalui portal Daerah Perkotaan Surakarta.

5. Sisemok

Sistem Pengetahuan Organisasi Kemasyarakatan (Sisemok) adalah acara yang tersebut diresmikan oleh Wilayah Pemalang. Proyek berbentuk program berbasis web ini disediakan Bakesbangpol Wilayah Pemalang untuk memudahkan pelayanan terhadap pengajuan terkait ormas hingga parpol.

Seperti dilihat detikcom di laman Daerah Pemalang, acara ini dirilis pada 2021.

ADVERTISEMENT

6. SICANTIK

Sistem Pencatatan Kehadiran & Performa (SICANTIK) merupakan inisiatif dari Kota Bogor. Rencana ini difungsikan untuk mencatatkan data diperkenalkan serta kinerja ASN ke wilayah Wilayah Bogor.

Dilihat detikcom, Mingguan (7/7), acara ini merupakan perangkat lunak berbasis web yang mana dapat diakses di dalam web Kota Bogor. Aplikasi ini semata-mata bisa saja diakses oleh pegawai yang tersebut miliki NIP.

7. Siganteng

Sistem Berita Ketenagalistrikan Jawa Tengah (Siganteng) merupakan kegiatan dari Provinsi Jawa Tengah. Proyek berfungsi untuk pengajuan terkait izin terkait ESDM di dalam Jawa Tengah.

Seperti dilihat detikcom, Akhir Pekan (7/7) acara ini merupakan aplikasi mobile berbasis web yang mana tersedia di laman Pemprov Jateng.

8. Sipedo

Sistem Pendidikan Berbasis Informasi Online (Sipedo) merupaka acara dari Daerah Sumedang. Proyek ini bertujuan untuk memudahkan fungsi pelatihan dalam Balai Pendidikan Kerja di Sumedang.

Dilihat detikcom, Akhir Pekan (7/7) informasi terkait Sipedo ada pada platform Kemenaker. Kendati demikian, platform acara Sipedo tiada bisa saja diakses per pukul 12.06 WIB.

9. Mas Dedi Memang Jantan

Masyarakat berdedikasi memperhatikan angkatan kerja rentan (Mas Dedi Memang Jantan) merupakan inisiatif yang mana diperkenalkan oleh Daerah Perkotaan Tegal. Tujuannya yakni untuk memberikan proteksi terhadap para pekerja Bukan Penerima Upah (BPU).

Dilihat detikcom pada portal BPJS Ketenagakerjaan, Hari Minggu (7/7) inisiatif ini diperkenalkan oleh Dedy Yon Supriyono Wali Pusat Kota Tegal 2019-2024 pada tahun 2022.

10. i-Pubers

Penyaluran pupuk bersubsidi (i-Pubers) adalah acara berbasis program yang diresmikan Kementan. Fungsinya yakni memudahkan penyaluran pupuk bersubsidi. Dilihat detikcom, Mingguan (7/7), perangkat lunak ini tersedia pada GooglePlay.

Artikel ini disadur dari Anggota DPR Kritik Nama Program Sipepek dkk: Segera Ubah!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button