Berita

Adhyaksa Awards 2024, Boyamin MAKI: Harapan ke Depan Jaksa-jaksa Baik Muncul

Jakarta

Koordinator Warga Anti Korupsi Negara Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengapresiasi penyelenggaraan acara Adhyaksa Awards 2024. Boyamin berharap pasca ini jaksa-jaksa baik akan bermunculan.

“Inilah ikhtiar detikcom dan juga jajarannya justru bagian masyarakat, bukanlah hanya saja menjadi partner tapi juga mengawal kemudian mengontrol. Ini adalah yang cukup kita apresiasi begitu, ikhtiar kita semua, bahwa proses-proses ini berjalan baik juga ini puncaknya waktu malam ini lalu harapan ke depannya jaksa-jaksa baik akan muncul,” kata Boyamin usai acara Adhyaksa Awards dalam The Westin Hotel, Jakarta, Hari Jumat (5/7/2024).

Boyamin yang dimaksud juga bagian dari Dewan Pakar Adhyaksa Awards 2024, menyatakan para peraih penghargaan ada juga dari jaksa yang digunakan berasal dari area terpencil. Dia berharap acara ini berubah menjadi penyemangat untuk jaksa-jaksa lainnya yang digunakan bertugas di wilayah terpencil lainnya.

“Ya kebanggaan saya ini adalah jaksa-jaksa yang tersebut terpencil, terpendam, itu yang dimaksud justru muncul. Jadi kalau jaksa telah eselon dua apalagi eselon satu itu tidak ada terlalu mengagetkan juga memang benar kita di salah satu kategori itu, jaksa kalau sudah ada eselon satu nggak usah,” katanya.

“Karena kita memang benar mengharapkan ini sebagai penyemangat yang digunakan muda-muda juga yang mana terpencil-terpencil. Dan memang benar bukanlah semata itu, memang benar layak gitu kapasitasnya, integritasnya, perjuangannya begitu,” imbuhnya.

ADVERTISEMENT

Boyamin memaparkan sempat memantau kolom komentar penduduk pada media sosial yang mana meragukan masalah apakah masih ada jaksa yang digunakan baik. Dengan acara ini, kata Boyamin, membuktikan bahwa sejumlah jaksa-jaksa terbaik yang dimaksud berintegritas juga berprestasi.

“Seperti saya katakan pada beberapa kali media sosial kita sendiri pun, media sosial detik itu Instagram nya, komentar komunitas itu meragukan apakah masih ada jaksa yang mana baik. Justru ini lah sebagai ikhtiar untuk memacu jaksa-jaksa yang tersebut akan lebih tinggi baik lagi, akan lebih lanjut berbagai mengabdi, dikarenakan ada penghargaan. Nggak semata-mata penghargaan juga sih tapi dari sisi ini lah yang kita harapkan, ini adalah bentuk penghargaan sebenarnya,” ujarnya.

“Jadi saya bangga bagian dari Adhyaksa Awards ini dengan detik itu, apa yang digunakan kita perjuangkan hampir enam bulan ini, ini kemudian puncaknya di malam hari ini dan juga itu bagian kita semua,” imbuhnya.

Adhyaksa Awards adalah anugerah penghargaan bagi insan Kejaksaan yang dimaksud dijalankan oleh detikcom dan didukung penuh oleh Kejaksaan Agung. Seleksi dijalankan sejak Maret 2024. Dalam menyeleksi, detikcom menjaring ribuan jaksa lewat masukan dari masyarakat, hingga masukan dari internal kejaksaan. Nama-nama itu kemudian dikerucutkan oleh Dewan Pakar yang mana terdiri dari Ketua Komisi Kejaksaan (Komjak) 2015-2024 Barita Simanjuntak, Dekan FH Unsoed Prof Fauzan, Koordinator Warga Anti Korupsi Tanah Air (MAKI) Boyamin Saiman, Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni serta Pemred detikcom Alfito Deannova.

(whn/isa)

Artikel ini disadur dari Adhyaksa Awards 2024, Boyamin MAKI: Harapan ke Depan Jaksa-jaksa Baik Muncul

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button