Entertainment

Govind Sandhu, Pimpinan TikTok Australia Divonis Kanker pada Usia 38 Tahun

JakartaGovind Sandhu, Kepala Kemitraan Musik Global pada TikTok Australia, berbagi kabar mengejutkan melalui akun Instagram pribadinya, @govindsandhu. Dia mengungkapkan bahwa dirinya didiagnosis menderita limfoma non-Hodgkin stadium 4, sebuah jenis karsinoma yang menyerang sistem limfatik tubuh. Padahal, usianya baru 38 tahun lalu setiap saat menerapkan pola hidup sehat.

Perjalanan Govind menuju diagnosis ini dimulai setelahnya beliau menyelesaikan Sydney Half Marathon. Dalam unggahan Instagramnya, Govind mengisahkan bahwa awalnya ia merasa di keadaan terbaik sepanjang hidupnya. 

Govind Sandhu Tak Percaya Kanker Singgah ke Tubuhnya

“Aku pikir, aku berada di kondisi terbaik pada hidupku, paling baik yang pernah aku alami. Seorang Crossfitter yang dimaksud menjalankan ultra-maraton kemudian maraton menjalani pelatihan hidup juga bernapas, mengoptimalkan tidur serta pemulihan, suplemen, nutrisi,” kata dia, disitir pada Sabtu, 6 Juli 2024.

Setelah kembali ke Sydney pada April lalu, usai menjalani pelatihan dalam Bali, Govind mulai mengalami gejala-gejala aneh sehari setelahnya mengikuti setengah maraton pada Mei. Dia merasa ada sesuatu yang tersebut tak beres pada saat lututnya bengkak, yang mana awalnya beliau mengira hanya saja cedera akibat jogging di Hobart. “Lututku bengkak kemudian mengira itu akibat cedera ketika berlari pada Hobart,” ujar Govind.

Namun, gejala-gejala lain yang tersebut menyerupai flu seperti badan pegal-pegal kemudian keringat berlebihan mulai muncul. Govind mengalami nyeri tubuh yang sangat parah, khususnya pada bagian belakang leher hingga ke bahu. “Malam itu, tubuhku berkeringat deras, yang membuatku dibangun sepanjang malam, serta aku benar-benar basah kuyup,” ungkapnya.

Dalam empat minggu berikutnya, status Govind semakin memburuk. Setelah menjalani berubah-ubah pemeriksaan, salah satunya tes darah, USG, PET scan, CT scan, serta biopsi jaringan, akhirnya dokter memberikan diagnosis yang tersebut pasti: limfoma non-Hodgkin stadium 4. Govind juga mengungkapkan bahwa dokter menemukan beberapa kelainan ke pankreasnya.

Kabar ini tentu belaka sangat mengejutkan bagi Govind serta orang-orang terdekatnya. “Aku sangat terkejut kemudian terpukul. Aku bertanya-tanya mengapa saya terkena kanker,” kata Govind di Instagram. 

Govind dijadwalkan untuk segera memulai kemoterapi, yang akan mencakup enam putaran setiap 21 hari. Namun, jikalau ditemukan neoplasma ke menghadapi pankreas, beliau akan menerima perawatan yang mana berbeda. “Proses pengobatannya akan sangat sulit lantaran ini adalah neoplasma yang mana agresif,” ucapnya.

Berbagi Kisah Inspiratif ke Pengikutnya

Selain menghadapi penyembuhan fisik, Govind juga harus mengatasi dampak emosional dari diagnosisnya. Menurut dia, tumor ganas sangat rumit, membingungkan, kemudian berbeda-beda.“Saat kamu pertama kali didiagnosis, sangat sulit untuk menyadari apa arti sebenarnya penyakit ini bagimu, juga ini adalah perjalanan yang digunakan sangat personal,” kata Govind.

Govind terus memberikan kabar terbaru untuk para penggemarnya melalui media sosial. Dia berharap, dengan berbagi kisahnya, dapat memberikan inspirasi kemudian dukungan terhadap merekan yang kemungkinan besar juga sedang berjuang bertarung dengan penyakit serupa. 

“Bagiku, ini tentang menjalani hari demi hari dan juga langkah demi langkah. Seperti yang digunakan aku katakan sebelumnya, kendalikan apa yang dimaksud aku mampu pada hal pergerakan, nutrisi, pola makan, dan juga lakukan apa yang tersebut aku bisa,” kata beliau menambahkan. 

Kanker limfoma juga pernah diderita musisi, Ari Lasso. Ia sempat menepi dari segala aktivitas bermusiknya untuk perawatan juga melakukan sejumlah kemoterapi. Kini ia dinyatakan telah sembuh dari kanker. 

ENEWS | TIMES NOW | INSTAGRAM

Artikel ini disadur dari Govind Sandhu, Pimpinan TikTok Australia Divonis Kanker di Usia 38 Tahun

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button