Kesehatan

Kenali risiko tingginya lemak darah jahat lalu cara mencegahnya

Ibukota – Kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) merupakan momok bagi warga lantaran memunculkan dampak buruk untuk kesegaran dan juga berubah menjadi pemicu beraneka penyakit.

Kolesterol jahat yang digunakan tinggi ditandai dengan zat lemak tambahan membesar dibandingkan proteinnya. Bahayanya, LDL lebih tinggi dengan kadar lebih lanjut dari 250mg/dL dapat menjadi unsur risiko beragam penyakit seperti kardiovaskular, stroke, kemudian penyakit kencing manis melitus.

Simptom steroid jahat mampu berbeda-beda pada tiap individu. Kendati demikian, gejala umum yang digunakan ditimbulkan antara lain kesemutan pada bagian tangan serta kaki, nyeri pada dada, sakit kepala, simpel lelah lalu ngantuk yang bisa saja menciptakan tubuh seolah "low-batt" ketika beraktivitas.

Di sisi lain, lipid jahat sanggup dihindari dengan mengubah pola hidup, antara lain:

Kurangi makanan tinggi lemak

Lemak seperti olahan susu, butter dan juga daging yang digunakan tak diolah dengan tepat jadi pemicu utama steroid jahat tinggi. Maka mulailah kurangi makanan berlemak.

Sebagai gantinya, Anda bisa saja mengonsumsi makanan yang sejumlah mengandung serat, radikal bebas tinggi dan juga rendah gula juga kolesterol.

"Contoh makanannya ya seperti oatmeal, beras merah, sayuran, daging rendah lemak, biji-bijian, kemudian tumbuhan herbal yang dimaksud punya pencegah oksidasi besar seperti curcumin," ujar dr Doddy Rizqi Nugraha, Sp.PD pada siaran resmi pada Jumat.

"Cara olahnya kalau dapat direbus atau dikukus, dan juga hindari menggoreng dengan minyak yang mana telah dipakai berkali-kali,” kata dokter spesialis penyakit pada itu.

Jauhi merokok lalu alkohol

Zat yang dimaksud terkandung di alkohol lalu rokok dapat menghambat perjalanan lemak darah ke hati. Hal itu menyebabkan adanya penumpukan pada pembuluh darah juga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Gunakan herbal penurun kolesterol

Selain menjauhi pantangan, Anda juga disarankan memperbanyak asupan suplemen penurun kolesterol, misalnya yang digunakan mengandung curcumin sebagai senyawa berpartisipasi pada temulawak yang terdapat pada Helmig’s Curcumin Tablet Forte.

Curcumin mengandung radikal bebas membesar yang digunakan terbukti di berbagai penelitian mampu menurunkan kolesterol, meningkatkan high density lipoprotein (HDL, lipid baik) kemudian menurunkan LDL (kolesterol jahat).

Anda juga wajib mempertimbangkan suplemen penurun lipid yang sudah ada terstandarisasi juga terukur kadar ORAC Score (Oxigen Radical Absorbance Capacity), semakin besar nilai ORAC maka semakin tinggi daya antioksidannya.

Curcumin juga berperan besar pada langkah-langkah menekan perkembangan sel kanker, menyimpan keadaan masih fit pasca kemoterapi, menghindari sembelit, sebagai anti-aging, obat hepatitis, dan juga membantu menghindari badai sitokin (gangguan dikarenakan adanya respons imun tubuh yang mana kurang baik atau berlebihan).

 

Artikel ini disadur dari Kenali risiko tingginya kolesterol jahat dan cara mencegahnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button