Kesehatan

Jenis kucing yang dimaksud cocok untuk penderita alergi menurut dokter hewan

DKI Jakarta – Dokter hewan jebolan Universitas Gadjah Mada, Radhiyan Fadiar Sahistya, merekomendasikan beberapa jenis kucing untuk dijadikan anabul (anak bulu) alias hewan peliharaan tersayang bagi calon pemilik yang mengidap alergi.

Pada penghargaan wicara di Jakarta, Jumat, Radhiyan menyebut, ada peran dokter hewan yang dimaksud jarang diketahui warga umum, yakni dapat merekomendasikan jenis hewan peliharaan yang kompatibel dengan keadaan serta riwayat kesehatan calon-calon pemiliknya.

“Sebenarnya setiap penduduk mampu datang ke dokter hewan untuk berkonsultasi apabila hendak memilih jenis hewan peliharaan yang sesuai dengan keadaan riwayat kesehatan,” kata dia.

Radhiyan menyebut, bagi seseorang yang tersebut alergi terhadap bulu, dapat mengadopsi kucing hairless alias tidak ada berbulu seperti jenis Sphynx.

Kucing Sphynx merupakan salah satu ras kucing yang mana sangat unik oleh sebab itu bukan miliki bulu, kondisi ini lah yang tersebut juga menghasilkan dia hipoalergenik (tidak rentan menyebabkan reaksi alergi atau iritasi).

Tanpa bulu, protein pada air liurnya tidaklah memiliki sesuatu untuk ditempelkan ketika mereka itu membersihkan diri. Kurangnya bulu menyebabkan merek harus dimandikan secara teratur untuk mengurangi kemungkinan penumpukan atau permasalahan kulit.

Namun, Radhiyan menyadari, bahwa tak semua pemukim menyukai kucing eksotis tanpa bulu satu ini.

Ia menyarankan kucing berambut pendek (short hair), seperti Devon Rex dan juga Cornish Rex.

Devon Rex memiliki bulu yang tersebut pendek, teristimewa ke dekat kepala, telinga, leher, kaki, dada, kemudian perut. Jenis kucing ini dapat ditemui dengan bermacam warna, mereka itu juga dapat miliki pola bulu tortoiseshell, calico, hingga tabby.

Kucing Devon Rex dikenal cerdas, ramah terhadap anak-anak, kemudian senang berada di sekitar orang-orang maupun hewan peliharaan lain.

Sementara kucing Cornish Rex, cenderung miliki lapisan rambutnya yang mana ikal, namun lembut di mana disentuh. Lapisan ini tidaklah memiliki helai yang tersebut panjang, namun masih terlihat bergelombang juga beriak. Jenis kucing Cornish mempunyai aroma tersendiri, yang banyak dideskripsikan “seperti keju”.

“Cornish Rex itu salah satunya kategori kucing hipoalergenik, artinya, risiko atau tingkat pemicu alerginya sangat rendah,” kata Radhiyan.

 

Artikel ini disadur dari Jenis kucing yang cocok untuk penderita alergi menurut dokter hewan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button