Entertainment

IPB University Gelar Festival Air Indonesi 2024: Menggali Potensial Perekonomian Biru Berbasis Penilaian Ekosistem Pesisir

Info Event – Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (Himasper) dari Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) Fakultas Perikanan juga Bidang Studi Kelautan FPIK IPB University baru cuma mengadakan acara besar tahunan mereka, “Festival Air Negara Indonesia 2024”. Acara ini diawali dengan sebuah talkshow yang mana bertemakan “Exploring Blue Economic Potential Based on Valuation of Coastal Ecosystem”. Talk show ini diadakan pada hari Minggu, 23 Juni 2024, bertempat di dalam Auditorium Andi Hakim Nasution, IPB University.

Talk show Festival Air Indonesia IPB University bermetamorfosis menjadi turnamen diskusi interaktif yang dimaksud mengeksplorasi topik keberlanjutan serta konservasi habitat perairan, baik darat maupun laut, dengan fokus khusus pada kawasan pesisir. Rangkaian kegiatan ini menyokong tercapainya visi Sustainable Development Goals (SDGs) 14 (Life Below Water), SDGs 15 (Life on Land), visi Nusantara EMAS 2045, juga strategi Blue Economy. Talkshow ini menyoroti pentingnya kolaborasi antara pemerintah, Non-Governmental Organization (NGO), dan juga akademisi di upaya menjaga, melestarikan, juga menjalankan sumber daya perairan untuk menggalang tercapainya dunia usaha biru yang optimal di Indonesia.

Para pembicara di acara ini adalah tokoh-tokoh yang mana sangat berkompeten dalam bidangnya. Dr. Kusdiantoro, S.Pi., M.Sc., selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kelautan serta Perikanan, Wahyu Wijayanto, S.IP., M.A., Direktur Direktorat Industri, Pariwisata, kemudian Sektor Bisnis Kreatif, Kementerian PPN/Bappenas, juga Dr. M. Arsyad Al Amin, M.Si., Head of Policy, Community Empowerment and Institution Department of CCMRS IPB University. Diskusi dipandu oleh Intan Rabiyanti, S.Pi., M.Si., individu spesialis konservasi pesisir juga laut.

Diskusi di talk show ini menghasilkan kembali beberapa poin penting mengenai konsep dunia usaha biru, yang tersebut menekankan pada pemanfaatan sumber daya laut secara berkelanjutan untuk membantu perekonomian. Meskipun demikian, terdapat beragam tantangan baik dari sisi eksternal maupun internal yang harus dihadapi. Masyarakat, khususnya generasi muda, harus mampu mengatasi tantangan tersebut.

Peran universitas di mengupayakan pengembangan sektor kelautan juga perikanan juga sektor ekonomi biru melalui penelitian kemudian institusi belajar juga ditekankan sebagai kunci untuk melakukan konfirmasi keberlanjutan dan juga kesuksesan kegiatan ekonomi biru pada Indonesia. Festival Air Indonesia 2024 yang mana diselenggarakan oleh Fakultas Perikanan kemudian Bidang Studi Kelautan IPB University melalui talkshow ini, berhasil memberikan wawasan mendalam juga inspirasi bagi semua pihak yang mana terlibat di pengelolaan sumber daya perairan dalam Indonesia. (*)

Artikel ini disadur dari IPB University Gelar Festival Air Indonesia 2024: Menggali Potensi Ekonomi Biru Berbasis Penilaian Ekosistem Pesisir

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button