Entertainment

Hari Pelaut Sedunia, Kemenhub Dorong PIS Terus Ekspansi Internasional

Info Event – Dalam rangka memperingati Hari Pelaut Sedunia, Kementerian Perhubungan memberikan apresiasi untuk para pelaku lapangan usaha maritim nasional yang telah dilakukan menjunjung besar peran para pelaut Indonesia. Salah satu perusahaan yang tersebut mendapat sorotan adalah PT Pertamina International Shipping (PIS), yang pada waktu ini mengatur sebanyak-banyaknya 5.300 pelaut baik secara secara langsung maupun bukan langsung.

PIS turut memperingati Hari Pelaut Sedunia Tahun 2024 dengan berpartisipasi pada acara Perayaan Hari Pelaut Sedunia yang digunakan diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan pada Sekolah Tinggi Keilmuan Pelayaran (STIP) Jakarta, Kamis (25/6). Dalam acara tersebut, PIS menunjukkan komitmennya untuk merawat keamanan dan juga menegaskan kesejahteraan para pelaut sesuai dengan tema yang mana diusung oleh International Maritime Organization (IMO) yakni “Safety Trips at Sea” lalu subtema “Healthy and Happy Seafarers for Safe Ships”.

Dalam pameran yang dimaksud diadakan, PIS memperagakan simulasi pemadaman api dalam armada secara virtual, yang dimaksud merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kemampuan kru kapal pada menciptakan lingkungan kerja yang digunakan aman kemudian menurunkan risiko seminimal mungkin. Teknologi ini memungkinkan kru kapal PIS untuk terus berlatih dan juga meningkatkan kemampuan mereka.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Capt. Antoni Arif Priadi, yang mana turut hadir pada pameran tersebut, mengapresiasi pencapaian PIS pada merawat kesejahteraan seluruh awak kapalnya. Ia berharap pencapaian ini dapat terus ditingkatkan untuk mengharumkan nama lapangan usaha maritim Indonesia ke kancah dunia. “Saya berharap ke depannya PIS terus berekspansi ke regional dan juga internasional dan juga mengembangkan diri pada operasionalnya,” ujar Antoni.

Salah satu bentuk dukungan PIS terhadap kesejahteraan pelaut terlihat dari pencapaian zero fatality kru kapal kemudian 40,5 jt jam kerja aman. Pencapaian yang disebutkan merupakan hasil dari perubahan perusahaan lalu ekspansi bidang usaha yang mana terus diwujudkan tanpa mengempiskan sedikit pun aspek kesejahteraan para pelaut.

CEO PIS Yoki Firnandi menyampaikan, “Lingkungan kerja yang mana aman lalu kesejahteraan awak kapal merupakan salah satu prioritas yang tersebut terus dikembangkan oleh perusahaan. Kami berterima kasih terhadap para pelaut, baik yang mana ada di PIS maupun di dalam tempat lain, yang dimaksud telah terjadi berkontribusi dengan di memajukan lapangan usaha maritim Indonesia.”

Seiring dengan perubahan fundamental lalu ekspansi bidang usaha yang terus dilakukan, PIS terus menguatkan armada juga kru kapalnya. Secara operasional, PIS berfokus pada peremajaan, ekspansi, serta kepatuhan armada terhadap regulasi. Salah satu wujud ekspansi yang dimaksud adalah merambah 50 rute global kemudian membuka kantor cabang pada Singapura dan juga Dubai. Ekspansi bidang usaha ini berkontribusi terhadap capaian laba PIS sepanjang 2023 yang tersebut mencapai US$ 330 juta, naik 60,94% dari tahun sebelumnya. PIS juga membukukan pendapatan perusahaan sebesar US$ 3,33 miliar, melebihi target di Rancangan Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) untuk 2023 sebesar 111,37%.

Dari total 94 armada yang dikelola PIS, sebanyak 58 kapal mendapatkan skor rata-rata 3,15 dari 5 di Ship Inspection Report (SIRE), memenuhi persyaratan untuk beroperasi ke perairan regional khusus. Berbagai armada PIS juga lulus inspeksi oleh perusahaan minyak dan juga gas global terkemuka. Seluruh pelaut ini berkontribusi terhadap kesuksesan PIS pada mendistribusikan 161 miliar liter minyak, item BBM, dan juga LPG ke seluruh negeri maupun mancanegara.

Dalam peringatan tegas Hari Pelaut Sedunia ini, PIS tidak ada hanya sekali menunjukkan komitmennya terhadap keselamatan kemudian kesejahteraan pelaut, tetapi juga peran pentingnya pada sektor maritim Indonesia. Pendukung penuh dari Kementerian Perhubungan serta pencapaian luar biasa PIS diharapkan dapat bermetamorfosis menjadi inspirasi bagi perusahaan maritim lainnya untuk terus meningkatkan standar operasional serta kesejahteraan pelaut Indonesia. (*)

Artikel ini disadur dari Hari Pelaut Sedunia, Kemenhub Dorong PIS Terus Ekspansi Internasional

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button