Olahraga

Prakiraan Prancis vs Belgia pada Babak 16 Besar Euro 2024 Waktu petang Ini: Jadwal Live, Kondisi Tim, H2H, Prediksi Susunan Pemain

Jakarta – Timnas Prancis akan menghadapi Belgia pada pertandingan putaran 16 besar Euro 2024 pada Senin, 1 Juli 2024. Laga ini dijadwalkan berlangsung pada Dusseldorf Arena, mulai 23.00 WIB, dengan disiarkan live RCTI dan juga platform digital streaming Vision+. 

Duel kedua kesebelasan dalam semifinal Piala Planet 2018 mewarnai pemberitaan mendekati laga ini. Kala itu, Prancis mengalahkan Belgia dengan skor tipis satu-nol berkat gol Umtiti pada awal sesi kedua, sebelum akhirnya berubah menjadi juara dalam kompetisi tersebut. 

Kini dia bertemu dalam sesi 16 besar Piala Eropa 2024 ini pasca sama-sama tampil kurang meyakinkan selama fase grup. Keduanya meyakinkan lolos dengan hasil imbang di dalam laga penutup grup sehingga finis sebagai runner-up.

Prancis menjadi runner-up Grup D dengan mengemas lima poin, mengalahkan Austria satu-nol di laga pembuka, berikutnya imbang menghadapi Belanda 0-0 lalu Polandia 1-1. Sedangkan, Belgia kalah lawan Slovakia 0-1, menang menghadapi Rumania 2-0, kemudian terakhir bermain imbang tanpa gol berhadapan dengan Ukraina. Mereka menempati peringkat kedua Grup E dengan empat poin.

Penampilan Prancis bermetamorfosis menjadi sorotan, khususnya pada hal kemampuan mencetak gol. Tidak ada pemain yang digunakan mampu mencetak gol pada permainan terbuka ke empat pertandingan terakhir mereka. Saat menghadapi Kanada dalam laga pemanasan, juga tiga laga penyisihan grup dalam Jerman ini. 

Saat mengalahkan Austria, gol tunggal yang digunakan terbentuk berasal dari gol bunuh diri lawan. Berikutnya, ketika bermain imbang lawan Polandia, gol penalti Kylian Mbappe. 

Pelatih Prancis Didier Deschamps menyadari permasalahan yang dimaksud dihadapi timnya pada waktu ini. Ia memastikan, untuk menghadapi Belgia di dalam sesi 16 besar ini, akan segera memainkan kelompok terbaiknya. 

“Saya pastikan akan menurunkan grup yang dimaksud menurut saya mempunyai kemampuan terbaik untuk menyulitkan lawan dengan solidnya pertahanan,” kata Deschams yang mana menegaskan dirinya bisa saja melakukan perubahan agar timnya lolos ke perempat final Euro 2024.

Di Euro edisi terakhir, Prancis yang dimaksud pada waktu itu baru cuma berubah menjadi juara dunia, tersingkir pada sesi 16 besar akibat kalah adu penalti menghadapi Swiss. Deschamps menegaskan beliau tak ingin itu kembali berlangsung dikarenakan merekan bertekad untuk lolos perempat final.

Pelatih Belgia, Domenico Tedesco memohon anak asuhnya untuk memasuki lapangan dengan penuh percaya diri saat menghadapi Prancis. Dalam beberapa hari terakhir, ia menekankan itu untuk para pemainnya. 

“Sejak awal kami ingin berani, kami ingin memulai pertandingan ini dengan keyakinan yang tersebut kuat,” kata Tedesco mendekati laga. “Kami melatih keyakinan itu di dua atau tiga hari terakhir, dikarenakan jikalau tak ada keyakinan, maka tak ada apa-apa. Jadi kami harus percaya dan juga semua penduduk tahu bahwa kami memerlukan permainan yang benar-benar top.”

Menjelang laga, Tedesco membandingkan performa pasukan asuhannya lalu Prancis pada penyisihan grup. Ia lebih lanjut memilih untuk melihatnya tidak sekedar angka. 

“Saya pikir kedua regu menciptakan banyak prospek melalui serangan balik, tapi juga penguasaan bola,” ujarnya. “Itulah permasalahan statistiknya, oleh sebab itu kalau dilihat dari angkanya tentu bisa jadi dibilang lemah dan juga lemah, tapi itu tidak ada benar.”

“Dalam kedua perkara tersebut, saya pikir jikalau Anda meninjau pertandingan Belgia dan juga Prancis, kedua regu menciptakan banyak peluang, bahkan di penguasaan bola, saya pikir berbagai peluang, sejumlah gol yang tersebut diharapkan,” kata beliau menambahkan.

Head to Head

Belgia cukup banyak berubah menjadi lawan Prancis di satu abad terakhir. Mereka dikalahkan ke semifinal Piala Bumi 2018 dengan skor 1-0, sebelum kalah 2-3 dalam semifinal UEFA Nations League 2021. 

Berikut 5 Pertemuan Terakhir
08/10/21 Belgia 2-3 Prancis (UEFA Nations League)
11/07/18 Prancis satu gol tanpa balas Belgia (Piala Dunia)
08/06/15 Prancis 3-4 Belgia (Friendly)
15/08/13 Belgia 0-0 Prancis (Friendly)
16/11/11 Prancis 0-0 Belgia (Friendly).

Berita Tim

Setelah bermain 90 menit berperang melawan Polandia tanpa dampak buruk, Mbappe tak diragukan lagi akan siap untuk menghadapi Belgia pada sesi 16 besar. Dia akan segera bermetamorfosis menjadi ujung tombak serangan Prancis. 

Deschamps nampaknya tak perlu dipusingkan dengan cedera pemain. Artinya, ia sanggup memilih pemain terbaik yang tersebut beliau inginkan. Antoine Griezmann yang dimaksud sebelumnya dibangkucadangkan, diperkirakan akan segera turun sebagai starter sehingga kemungkinan bermain dengan formasi 4-2-3-1.

Jika Griezmann dimainkan, siapa pemain yang dimaksud akan meninggalkan dari starter memunculkan berbagai spekulasi. Adrien Rabiot dikabarkan berlatih pada sisi kiri selama latihan, sehingga kemungkinan besar Bradley Barcola yang akan ada pada bangku cadangan.

Deschamps juga diperkirakan akan mengeluarkan Ousmane Dembele yang dimaksud tampil buruk. Sementara, Marcus Thuram berisiko kembali berubah jadi ujung tombak serangan sama-sama Mbappe. 

Bek berada dalam Liverpool Ibrahima Konate mengalami cedera lutut baru-baru ini. Kemungkinan beliau akan digantikan William Saliba atau Dayot Upamecano. 

Di satu sisi, pembimbing Belgia Tedesco akan mempunyai Dodi Lukebakio yang digunakan kembali sanggup diturunkan setelahnya menjalani skorsing. Pemain Sevilla itu bisa jadi kembali ke starter dengan mengorbankan Leandro Trossard, yang tiada efektif pada waktu bermain berjuang melawan Ukraina. Yannick Carrasco sanggup jadi opsi lain. 

Dua pemain yang digunakan dipastikan absen lantaran cedera adalah Axel Witsel (adductor) kemudian Thomas Meunier (paha). Kondisi keduanya mulai membaik, tetapi kelihatannya belum siap untuk pertandingan berperang melawan Prancis. 

Tedesco akan menghadapi dilema pada barisan pertahanan apabila Wout Faes mendapat kartu warna kekuningan yang digunakan menyebabkan skorsing pada waktu berjuang melawan Prancis. Tetapi pemain Leicester City itu tampil apik membantu menghindarkan timnya dari kebobolan ketika bertarung dengan Ukraina. Dengan pertimbangan itu, sepertinya, Faes terus akan dimainkan.

Perkiraan Susunan Pemain

Prancis: Maignan; Kounde, Saliba, Upamecano, Hernandez; Kante, Tchouameni, Rabiot; Griezmann; Thuram, Mbappe

Belgia: Casteels; Castagne, Faes, Vertonghen, Theate; Tielemans, Onana; Doku, De Bruyne, Carrasco; Lukaku

Prediksi Pertarungan Prancis vs Belgia

Setelah sama-sama tampil mengecewakan penggemar ke penyisihan grup, Prancis serta Belgia diperkirakan akan tampil dengan pendekatan berbeda di dalam fase 16 besar Euro 2024. Kylian Mbappe yang mana terpaksa berjuang dengan memakai pelindung wajah, tetap berubah jadi ancaman bagi barisan pertahanan Belgia. Di satu sisi, Kevin De Bruyne serta kawan-kawannya tentu akan mencoba tampil tambahan baik akibat lawan yang dimaksud dihadapi regu kuat. Namun, dengan mengamati penampilan kedua kesebelasan, regu asuhan Deschamps kelihatannya yang dimaksud akan pergi dari sebagai pemenang meskipun skor yang dimaksud akhir tipis.

SPORTS MOLE, REUTERS, WHO SCORED

Artikel ini disadur dari Prediksi Prancis vs Belgia di Babak 16 Besar Euro 2024 Malam Ini: Jadwal Live, Kondisi Tim, H2H, Perkiraan Susunan Pemain

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button