Olahraga

Perkiraan Portugal vs Slovenia di dalam 16 Besar Euro 2024 Waktu petang Ini: Jadwal Live, Berita Terkini, H2H, Prediksi Formasi

TEMPO.CO, Ibukota – Duel Portugal vs Slovenia akan tersaji pada fase 16 besar Euro 2024 atau Piala Eropa 2024 di dalam Deutsche Bank Park, Frankfurt, pada Selasa, 2 Juli 2024 pada pukul 02.00 WIB. Kompetisi ini akan disiarkan secara dengan segera oleh RCTI dan juga layanan streaming Vision+.

Portugal, juara Piala Eropa 2016, akan menandai penampilan kesembilan ke fase gugur kompetisi tertinggi sepak bola antar-negara Wilayah Biru. Adapun Slovenia akan tampil di dalam fase knockout untuk pertama kalinya di sejarah. 

Portugal mengawali perjalanan di Euro 2024 dengan kemenangan 2-1 melawan Republik Ceko dan juga kemenangan 3-0 berhadapan dengan Turki ke Grup F. Meski begitu, Selecao menderita kekalahan 0-2 menghadapi Georgia di pertandingan terakhir fase grup. 

Slovenia, sementara itu, lolos ke putaran 16 besar setelahnya bermetamorfosis menjadi kelompok peringkat terbaik dari Grup C. Mereka bermain imbang 1-1 bertarung dengan Denmark pada laga pembuka setelahnya Erik Janza menyamakan kedudukan pada menit ke-77. Pada laga berperang melawan Serbia, pemain bertahan Zan Karnicnik memberi keunggulan sebelum Luka Jovic menyebabkan laga berakhir imbang 1-1. 

Pada laga terakhir fase grup, Slovenia menghadapi grup peringkat kedua Piala Eropa 2020, Inggris. Laga berakhir imbang tanpa gol.

Berita Terkini Tim

Setelah melakukan rotasi besar-besaran pada skuadnya, pembimbing Portugal Roberto Martinez akan memanggil kembali sebagian pemain kunci untuk laga 16 besar seperti Bernardo Silva, Joao Cancelo juga Vitinha.

Vitinha sudah pernah menyelesaikan operan paling banyak (29) dibandingkan pemain Portugal lainnya di dalam Euro 2024. Derajat penyelesaian operannya mencapai 90 persen sejauh ini. Hanya Joao Palhinha, kiper Diogo Costa juga kapten Cristiano Ronaldo yang mana dipertahankan menghadapi Georgia. Ketiganya akan kembali berubah menjadi pemain utama kembali.

Namun, Ronaldo belum pernah mencetak gol pada tujuh penampilan terakhirnya di dalam turnamen. Ini adalah bermetamorfosis menjadi paceklik terpanjangnya ke Euro lalu Piala Dunia. Ia telah lama melegakan 19 tembakan di kedua kompetisi sejak terakhir kali mencetak gol berperang melawan Ghana ke Qatar 2022.

Setelah mendapat dua kartu kuning, keduanya akibat diving, Rafael Leao akan tersedia lagi lalu dapat berubah jadi starter ke sayap kiri Selecao. Diogo Jota lalu Francisco Conceicao sama-sama bersaing mendapatkan tempat utama.

Sementara itu, Slovenia tak akan diperkuat Jaka Bijol, Zan Celar, Petar Stojanovic atau Zan Vipotnik pada putaran berikutnya jikalau salah satu dari empat pemain yang disebutkan menerima kartu warna kekuningan lagi. 
Slovenia akan mengandalkan mantan bintang Kejuaraan Primeira, Andraz Sporar, kemudian Benjamin Sesko untuk menjadi pemimpin lini depan. Pasangan ini telah lama bermetamorfosis menjadi starter pada ketiga pertandingan sejauh ini, tetapi belum mencetak gol.

Penjaga gawang Jan Oblak juga familiar dengan Portugal. Ia bergabung dengan Benfica pada tahun 2010 serta membantu klub mengungguli treble serta mencapai final Turnamen Europa sebelum hengkang ke Atletico Madrid.

Pelatih berpengalaman Matjaz Kek umumnya lebih banyak menyukai formasi 4-4-2. Timi Max Elsnik dan juga Adam Gnezda Cerin bertugas di lini tengah.

Para pemain Slovenia Jaka Bijol, Jan Oblak, Andraz Sporar serta Vanja Drkusic melakukan selebrasi usai bermain imbang 0-0 dengan Inggris pada pertandingan Grup D Euro 2024 dalam Stadion Cologne, Cologne, 26 Juni 2024. REUTERS/Lee Smith

Head-to-Head

  • Kedua pasukan pernah bertemu satu kali, pada pertandingan persahabatan pada bulan Maret awal tahun ini. Slovenia menang 2-0 pada kandangnya.
  • Slovenia tak pernah menang pada enam penampilan ke Kejuaraan Eropa serta kalah satu kali.
  • Juara 2016 sudah pernah mencetak setidaknya dua gol pada lima dari tujuh pertandingan terakhir merek di Euro.
  • Portugal tersingkir pada sesi 16 besar edisi sebelumnya, kalah satu gol tanpa balas dari Belgia, menandai pertama kalinya mereka itu gagal mencapai perempat final.
  • Cristiano Ronaldo telah lama mencetak 11 gol berperang melawan kiper Slovenia Jan Oblak ke level klub.

Perkiraan Susunan Pemain

Portugal
Costa; Cancelo, Pepe, Dias, Mendes; Vitinha, Palhinha, Fernandes; B.Silva, Ronaldo, Leao

Slovenia
Oblak; Karnicnik, Drkusic, Bijol, Balkovec; Stojanovic, Elsnik, Gnezda Cerin, Mlakar; Sporar, Sesko

Prediksi Portugal vs Slovenia

Jika Roberto Martinez memilih untuk tak melakukan eksperimen yang tersebut lebih banyak taktis, Portugal seharusnya menangani permainan militan para pemain Slovenia yang berstatus sebagai tim underdog. 

Slovenia cenderung memberikan penguasaan bola untuk lawannya kemudian belaka menguasai kurang dari 40 persen penguasaan bola di setiap pertandingan. Kondisi ini harus dimanfaatkan para penyerang berbakat Selecao. Prediksi: Portugal 2-0 Slovenia.

Artikel ini disadur dari Prediksi Portugal vs Slovenia di 16 Besar Euro 2024 Malam Ini: Jadwal Live, Berita Terkini, H2H, Perkiraan Formasi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button