Nasional

Kecerdasan Anak Diturunkan dari Ibu atau Ayah? Hal ini Risetnya

Jakarta, CNBC Indonesia – Kecerdasan anak ternyata berkaitan erat dengan unsur genetik. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa ibu menjadi penentu faktor kecerdasan anak, menurut studi yang dimaksud sudah diterbitkan pada jurnal Psychology Spot.

Peneliti yang disebutkan melakukan wawancara terhadap 12.686 remaja berusia 14 hingga 22 tahun. Mereka ditanyai tentang beberapa faktor diantaranya ras, tingkat pendidikan, sosial, status perekonomian kemudian pertanyaan sama ini ditanyakan terhadap ibu-ibu di penelitian.

Dalam menyelidiki permasalahan di atas, para peneliti menyebutkan bahwa wanita cenderung mentransmisi gen kecerdasan ke anak yang tersebut terbentuk dari kromosom X.

Studi disebutkan bahwa wanita mempunyai dua kromosom X, sedangkan pria hanya sekali memiliki satu kromosom X. Itu artinya, wanita dua kali berpeluang mewariskan kecerdasan pada anak ketimbang pria.

Sementara itu, peneliti juga menunjukkan bahwa ayah hanya sekali mewarisi kumpulan sifat lain yang mana ditentukan gen seperti intuisi kemudian emosi. Warisan ini juga bermetamorfosis menjadi kunci untuk membuka kecerdasan potensial anak.

“Jika gen yang serupa diwarisi dari ayah, gen yang dimaksud akan dinonaktifkan. Jelas, gen lain bekerja sebaliknya, semata-mata diaktifkan apabila berasal dari ayah,” ungkap penelitian pada Psychology Spot.

Secara keseluruhan gen ibu serta ayah sama-sama bisa saja menurunkan kecerdasan. Hanya cuma prospek yang tersebut tambahan lebih tinggi diturunkan oleh ibu, tanpa mengesampingkan pola pengasuhan keduanya.

Artikel ini disadur dari Kecerdasan Anak Diturunkan dari Ibu atau Ayah? Ini Risetnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button