Kesehatan

Hal ini yang tersebut dibutuhkan lansia di masa tua untuk melindungi kualitas hidup

DKI Jakarta –

Psikolog klinis lulusan Universitas Indonesia Kasandra Putranto S.Psi memaparkan seiring bertambahnya usia, lansia membutuhkan perhatian khusus dan juga dukungan untuk melindungi keseimbangan kemudian kualitas hidup mereka.
 
Kasandra, melalui wawancara daring Jumat, mengutarakan lansia rutin mengalami inovasi fisik juga mental sehingga mereka itu membutuhkan akses yang tersebut mudah-mudahan ke perawatan kebugaran yang mana berkualitas.
 
“Mereka membutuhkan akses yang mana sederhana ke perawatan keseimbangan yang mana berkualitas, seperti kunjungan ke dokter secara rutin, pemeriksaan kesehatan, serta penanganan penyakit yang digunakan mungkin saja mereka alami. Penting bagi lansia untuk miliki akses yang dimaksud simpel ke infrastruktur juga layanan yang digunakan merek butuhkan. Hal ini diantaranya aksesibilitas fisik ke tempat umum, transportasi yang ramah lansia, juga layanan kesehatan juga sosial yang dapat dijangkau,” katanya.

Selain itu diet seimbang juga penting untuk lansia agar sejahtera di masa tuanya. Lansia harus mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi satu di antaranya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein, juga lemak sehat. Penting juga bagi merek untuk minum air yang cukup agar permanen terhidrasi dengan baik.

 
Perhatian terhadap kesejahteraan fisik juga emosional lansia juga harus dijaga, hal ini bisa saja didapat dari olahraga lalu aktivitas fisik untuk merawat kekuatan otot juga menurunkan risiko penyakit kronis. Kasandra mengatakan, kegiatan yang dimaksud menstimulasi otak seperti membaca, menulis, atau bermain puzzle, juga merawat hubungan yang dimaksud dekat dengan keluarga dan juga teman-teman dapat membantu mempertahankan keseimbangan mental lalu emosional mereka.

 
Lansia juga membutuhkan dukungan terhadap akses keselamatannya baik ke rumah maupun ke jalan dengan membantu lansia masih aman beraktivitas.
 
“Selain itu, mereka itu juga mungkin saja membutuhkan bantuan dengan tugas sehari-hari seperti memasak, membersihkan rumah, atau mengurus keperluan pribadi,” kata Kasandra.
 
Dukungan sosial yang tersebut kuat dapat meningkatkan kualitas hidup mereka, menghurangi rasa kesepian, dan juga membantu mengatasi tantangan yang mana kemungkinan besar merek hadapi.

Artikel ini disadur dari Ini yang dibutuhkan lansia di masa tua untuk menjaga kualitas hidup

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button